Jumat, 16 Januari 2015

Perguruan Tinggi dan Masyarakat

TemaSentral              : Gunadarma, Masyarakat, dan Lingkungan
SubTema                   : Peranan UG dalam mencerdaskan kehidupan bangsa
Judul                         : Perguruan Tinggi dan Masyarakat
Nama                         : Aulia Rosiana
NPM                         : 11114835

   Perguruan Tinggi adalah tempat dimana individu melanjutkan pendidikannya. Perguruan tinggi adalah tempat dimana seorang siswa menjadi seorang mahasiswa. Mengapa dibangun Perguruan Tinggi? Tujuan dibangun perguruan tinggi untuk mendapatkan individu dengan keahlian masing-masing untuk memajukan bangsa. Individu tersebut adalah mahasiswa. Mahasiswa adalah peserta didik yang levelnya lebih tinggi dari pada siswa (maha=tinggi siswa=pelajar). Mahasiswa mendapat ilmu dan informasi yang lebih dari pada siswa dan terjun langsung ke masyarakat. Perguruan tinggi berkewajiban mengadakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian kepada masyarakat merupakan kegiatan mengamalkan dan membudayakan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

  Peran mahasiswa di masyarakat sangat penting. Sesuai Tridarma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan, serta Pengabdian. Pada akhirnya mahasiswa akan membantu dan mengabdi kepada masyarakat. Namun sebelum mengabdi kepada masyarakat ada beberapa tahap yang harus dijalankan. Yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan. Universitas Gunadarma memiliki peran dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, sesuai arti dan lambang Universitas Gunadarma.



Tangkai Obor Berdiri Tegak
Melambangkan keteguhan hati untuk menyumbangkan dharma bakti kepada Nusa dan Bangsa

Cawan Obor yang Melebar dan Cekung
adalah wadah dari ilmu pengetahuan yang luas dan mendalam

Kobaran Api yang Kuning Keemasan
Menunjukkan semangat juang yang tak pernah padam dalam menuntut ilmu dan menyumbangkannya kepada masyarakat

Bentuk lingkaran yang Berwarna Ungu
Adalah suatu bentuk geometris yang memberi ciri pada ilmu pengetahuan yang ditekuni dan dikembangkan

Bingkai Segi Lima
Menyatakan bahwa Universitas Gunadarma berazaskan Pancasila

Kemudian sesuai juga dengan TRIDARMA Perguruan Tinggi.
TRIDARMA Perguruan Tinggi

1.      Pendidikan
   Pendidikan adalah hal utama dalam kehidupan. Setiap individu wajib mendapatkan pendidikan yang layak. Pendidikan adalah proses transformasi ilmu. Fungsi dari pendidikan pun untuk melepas belenggu kebodohan maka dari itu mengapa pendidikan begitu penting. Universitas Gunadarma sebagai Perguruan Tinggi menyediakan pendidikan yang berkualitas bagi individu yang ingin melanjutkan pendidikannya. Sesuai dengan Tujuan Universitas Gunadarma

“Menjadikan Program Studi yang ada sebagai Program Pendidikan Unggulan masa depan yang berbasiska Teknologi Informasi dan mampu menghasilkan kualitas sumber daya manusia yang relevan dengan tuntutan kebutahan pembangunan Bangsa dan Negara”

   Universitas Gunadarma akan menghasilakan sumber daya manusia yang relevan, yang mampu dan siap terjun langsung kemasyarakat. Dengan pengajar-pengajar terbaik yang dimiliki Universitas Gunadarma dan juga semua fasilitas yang lengkap dan memadai. Selain dengan pendidikan formal didalam ruang kelas atau laboratorium Universitas Gunadarma banyak menyelenggarakan kegiatan seperti seminar dan workshop bagi para mahasiswanya. Seminar yang diselenggarakan menghadirkan pembicara yang kompeten dalam bidangnya masing-masing sehingga mahasiswa mendapat pengetahuan yang lebih luas. Misalnya seminar yang pernah saya ikuti yaitu seminar “CLOUD COMPUTING” Migration to Cloud Computing not “IF” but “WHEN” and “NOW” dengan pembicara ONNO W PURBO (Pakar TI Indonesia). Seminar ini member informasi kepada mahasiswa tentang jaringan-jaringan komputer dan media penyimpanan yang akan ada sekiranya pada tahun 2020 nanti. Universitas Gunadarma juga menyediakan berbagai kursus-kursus bagi para mahasiswa untuk melatih mahasiswa diluar kegiatan perkuliahan dan praktikum reguler, meliputi pemberian materi dan pengetahuan. Selain itu Universitas Gunadarma membebaskan mahasiswa untuk mengikuti organisasi yang ada dilingkungan kampus seperti BEM dan Himpunan. Dalam organisasi mahasiswa dapat belajar berinteraksi dengan masyarakat menambah wawasan tentang cara berbicara yang baik dan benar. Organisasi mahasiswa sebagai wadah pembinaan sikap dan kepribadian, serta menanamkan nilai luhur dalam diri mahasiswa, sebagai salah satu alat untuk mencapai tujuan pendidikan tinggi, yaitu menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan professional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan menyebar luaskan ilmu pengetahuan untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional. Dalam berorganisasi mahasiswa dapat melakukan kegiatan social yang dapat menumbuhkan rasa kepedulian terhadap sesama, gotong royong, dan lainnya. Universitas Gunadarma juga membebaskan mahasiswanya untuk mendaftarkan diri sebagai asisten lab sesuai dengan jurusan masing-masing. Secara tidak langsung menjadi asisten lab melatih kita dalam menyampaikan ilmu kepada praktikan. Jadi setelah lulus dari Universitas Gunadarma mahasiswa tidak kesulitan lagi dalam menyampaikan atau mentransfer ilmunya kepada masyarakat. Tidak lagi kesulitan berinteraksi dan berkomunikasi atau gugup jika berhadapan langsung dengan masyarakat.

2.      Penelitian & Pengembangan
  Tri dharma yang kedua adalah melakukan penelitian atau riset ilmiah yang nantinya diharapkan menghasilkan temuan-temuan ilmiah. Jadi pada prinsipnya melakukan riset atau penelitian ilmiah ditujukan untuk pengembangan keilmuan dan kesejahteraan masyarakat. Ilmu yang mereka kuasai melalaui proses pendidikan di perguruan tinggi harus diimplementasikan dan diterapkan. Salah satunya dengan langkah ilmiah, seperti melalui penelitian. Penelitian mahasiswa bukan hanya akan mengembangkan diri mahasiswa itu sendiri, namun juga memberikan manfaat bagi kemajuan peradaban dan kepentingan bangsa kita dalam menyejahterakan bangsa. Selain pengembangan diri secara ilmiah dan akademis. Mahasiswa pun harus senantiasa mengembangkan kemampuan dirinya dalam hal softskill dan kedewasaan diri dalam menyelesaikan segala masalah yang ada. Mahasiswa harus mengembangkan pola pikir yang kritis terhadap segala fenomena yang ada dan mengkajinya secara keilmuan. Universitas Gunadarma memiliki mata kuliah softskill agar mahasiswa dapat mengembangkan pola pikirnya. Karena banyak sekali mahasiswa yang pintar berbicara namun sulit sekali menuangkannya dalam tulisan tetapi ada juga mahasiswa yang pandai menulis namun sulit untuk menyampaikan didepan orang banyak. Maka dari itu mata kuliah softskill ini sangatlah penting bagi para mahasiswa.

  Peneitian dan pengembangan juga sangatlah penting bagi kemajuan perguruan tinggi, kesejahteraan masyarakat serta kemajuan bangsa dan negara. Dari penelitian dan pengembangan maka mahasiswa mampu mengembangkan ilmu dan teknologi . pada penelitian dan pengembangan mahasiswa harus lebih cerdas, kritis dan kreatif dalam mejalankan perannya sebagai agent of change. Mahasiswa harus mampu memanfaatkan penelitian dan pengembangan ini dalam suatu proses pembelajaran untuk memporoleh suatu perubahan – perubahan yang akan membawa Indonesia kearah yang lebih maju dan terdepan.

3.      Pengabdian
 Tri dharma yang ketiga adalah pengabdian. Setelah kita melewati pendidikan dan penelitian pengembangan selanjutnya kita sebagi mahasiswa akan mengabdi kepada masyarakat. Mahasiswa adalah yang paling dekat dengan rakyat. Mengapa harus mengabdi kepada masyarakat? Karena kita sebagai mahasiswa sudah dibekali saat melaksanakan pendidikan di Universitas Gunadarma. Berbagai ilmu sudah kita dapatkan. Lalu kita melakukan penelitian dan pengembangan agar menghasilakn temuan-temuan yang ilmiah dan akurat untuk membantu rakyat. Setelah penelitian dan pengembangan mahasiswa akan menagbdi dan terjun langsung ke masyarakat. Mensejahterkan kehidupan rakyat dengan berbagi. Sebagai contoh organisasi di Universitas Gunadarma seperti BEM dan Himpunan sering kali mengadakan kegiatan social. Seperti mengajar anak-anak jalanan, panti asuhan dan cacat. Membantu warga membersihkan sungai dan gorong-gorong lalu mensosialisasikan cara agar lingkungan tetap bersih dan sehat. Mengadakan bakti social ke panti asuhan, korban bencana alam dan anak-anak jalanan. Mengadakan donor darah. Pengabdian kepada masyarakat juga dapat dilakukan dengan datang ke desa-desa lalu melakukan sosialisasi kepada masyarakat dilanjutkan dengan melaksanakan apa yang sudah di sosialisasikan dan sebagai mahasiswa kita turut serta membantu masyarakat sampai bisa dan berhasil. Jika kita berhasil maka desa tersebut akan menjadi desa yang maju dan kehidupannya jauh lebih baik. Contohnya jika disebuah desa masih sangat jauh dari teknologi informasi kita sebagai mahasiswa Universitas Gunadarma yang berlandaskan Teknologi dan Informasi bisa membantu desa tersebut, kita bisa mengabdi kepada masyarakat dengan memberikan bantuan kepada mereka serta mengajarkan mereka hingga mampu dan mengerti dalam bidang Teknologi Informasi tanpa mengharapkan imbalan. Memperjuangkan hak mereka untuk menjadi desa yang maju yang tidak tertinggal dari informasi tentang teknologi. Mahasiswa sebagai ujung tombak pembangunan bangsa dituntut peka terhadap kebutuhan dalam berbagai hal terutama aspek sosial kemasyarakatan. Setelah penggemblengan di Perguruan Tinggi, sarjana-sarjana yang dicetak harus turut andil dalam memajukan kehidupan masyarakat. Inilah hakikat dari pendidikan, mengembalikan si terdidik kepada lingkungan. Dalam hal mencerdaskan kehidupan bangsa bukan hanya bagaimana seseorang yang bisa mengajarkan orang yang tidak bisa atau yang belum bisa saja atau dalam hal belajar mengajar biasa saja tapi bagaimana melakukan cara mengajar supaya bagaimana orang tersebut cepat bisa melakukan apa yang telah diajarkan dan melakukannya di dunia luar atau mengabdi pada dunia luar atau masyarakat. Universitas Gunadarma sangatlah berperan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, karena sesuai dengan arti dari lambang Universitas Gunadarma,TriDarma Perguruan Tinggi, Visi, Misi, dan Tujuan Universitas Gunadarma itu sendiri. Karena itu dapat menghasilakan lulusan-lulusan berkualitas dan kompeten dengan bidangnya masing-masing.

  studentsite.gunadarma.ac.id
    baak.gunadarma.ac.id

1 komentar:

  1. Cari Tiket Pesawat dan tiket kapal Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI:
    No handphone : 085372801819

    BalasHapus