Senin, 09 Januari 2017

PENGANTAR TEKNOLOGI SISTEM CERDAS


PENGANTAR TEKNOLOGI SISTEM CERDAS



AULIA ROSIANA
11114835
3KA26











UNIVERSITAS GUNADARMA
PTA 2016/2017

1.      PENGERTIAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI)
Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) merupakan bagian dari ilmu komputer yang mempelajari bagaimana membuat mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan oleh manusia bahkan bisa lebih baik daripada yang dilakukan manusia.
2.      PERBEDAAN KECERDASAN BUATAN DAN KECERADASAN ALAMI
Kelebihan Kecerdasan Buatan :
1.        Kecerdasan buatan lebih bersifat permanen.
2.        Kecerdasan buatan lebih mudah diduplikasi dan disebarkan.
3.        Kecerdasan buatan Lebih murah.
4.        Kecerdasan buatan bersifat konsisten.
5.        Kecerdasan buatan dapat didokumentasi.
6.        Kecerdasan buatan lebih cepat dibandingan kecerdasan alami.
7.        Kecerdasan buatan lebih baik dibandingkan kecerdasan alami.
Kelebihan Kecerdasan Alami :
1.        Kecerdasan alami lebih kreatif dibandingkan kecerdasan buatan.
2.    Kecerdasan alami memungkinkan seseorang untuk menggunakan pengalaman secara langsung.
3.  Kecerdasan alami menggunakan pemikiran manusia yang dapat digunakan secara luas.
3.      SEJARAH KECERDASAN BUATAN
Beberapa program AI yang mulai dibuat pada tahun 1956-1966, antara lain:
1.        Logic Theorist
2.        Sad Sam
3.        ELIZA
4.        Program AI pertama yang bekerja menjalankan mesin Ferranti Mark
5.        Program permainan catur
4.      DASAR-DASAR KONSEP ARTIFICIAL INTELLIGENCE
1.      Thinking Humanly : The cognitive meodeling approach
Pendekatan ini dilakukan dengan dua cara, yaitu :
a.    Melalui intropeksi dengan mencoba menangkap pemikiran-pemikiran kita sendiri pada saat kita berpikir.
b.        Melalui penelitian penelitian  atau eksperimen dari segi psikologi.
2.      Acting Humanly : The Turing Test Approach
komputer harus memiliki kemampuan : natural language proccessing , knowledge representation, autotmated reasoning, machine learning, computer vision, robotics.Turing Test sengaja menghindari interaksi fisik antara interrogator dan computer karena simulasi fisik mnausia tidak memerlukan intelegensia.
3.      Thinking Rationally : The “Laws of Thought” Approach
Dalam pendekatan ini tedapat dua masalah, yaitu :
a.  Tidak mudah untuk membuat pengetahuan informal dan menyatakan pengetahuan tersebut ke dalam formalterm yang diperlukan oleh notasi logika.
b.      Terdapat perbedaan besar antara dapat memecahkan masalah “secara prinsip” dan memecahkannya “dalam dunia nyata”.
4.      Acting Rationally : The Rational Agent Approach
Membuat inferensi logis merupakan bagian dari suatu rational agent . karena untuk melakukan aksi secara rasional adalah dengan menalar secara logis.
5.      DISPLIN ILMU SUB BAGIAN DARI ARTIFICIAL INTELLIGENCE             Lingkup utama dalam Kecerdasan Buatan adalah :
1.        Sistem Pakar (Expert System)
2.        Pengolahan Bahasa Alami (Natural Language Processing)
3.        Pengenalan Ucapan (Speech Recognition)
4.        Robotika & Sistem Sensor (Robotics & Sensory System)
5.        Computer Vision
6.        Intelligent Computer-aided Intruction
7.        Game Playing
6.      PENGENALAN ROBOTICS
Robot adalah agen – agen fizikal yang melakukan tugas dengan memanipulasi dunia fisik. Untuk melakukannya, dilengkapi dengan effectors seperti kaki, roda, sendi, dan grippers. Tiga katagori utama robot :
ü  Manipulator
ü  Mobile Robot
ü  Mobile Manipulator.
7.      PERANGKAT KERAS ROBOT
a)      Sensor adalah antarmuka persepsi antara robot dan lingkungan. Sensor terbagi menjadi 2, yaitu :
o   Sensor pasif, pengamat sejati lingkungan.
o   Sensor aktif, mengirim energi ke lingkungan.
b)      Efektor adalah cara suatu robot bergerak atau merubah bentuk tubuhnya yang ada kaitannya dengan pembahasan tentang derajat kebebasan atau degree of freedom.
8.      ARSITEKTUR PERANGKAT LUNAK ROBOT
Perangkat Lunak Arsitektur adalah Sebuah metodologi untuk penataan algoritma. Arsitektur termasuk bahasa dan alat untuk menulis sebuah program, serta dimana program dapat digabungkan bersama-sama.
a.       Subsumption arsitektur (Brooks, 1986) adalah kerangka kerja pengendali reaktif dari negara yang terbatas menggunakan mesin.
b.      Arsitektur hibrida menggabungkan reaksi dengan pertimbangan. Arsitektur hibrida yang paling populer adalah arsitektur tiga lapisan, yang terdiri dari lapisan raektif, lapisan eksekutif, dan lapisan deliberatif.
c.       Arsitektur Pipa Saluran adalah arsitektur yang menjalankan banyak proses secara paralel berupa modul-modul mirip arsitektur tiga lapis dan mirip cara kerja otak manusia.
9.      APPLICATION DOMAINS
Berikut adalah beberapa aplikasi domain utama untuk teknologi robot, yaitu :
v  Industri dan Pertanian.
Di luar ruangan, banyak mesin berat yang kita gunakan untuk memanen, tambang, atau menggali bumi telah berubah menjadi robot. Untuk Misalnya, proyek atCarnegie Mellon University telah menunjukkan bahwa robot dapat strip cat dari kapal-kapal besar sekitar 50 kali lebih cepat daripada orang bisa, dan dengan dampak lingkungan jauh berkurang.
v  Angkutan.
Sebuah contoh utama dari robot transportasi dalam ruangan, atau pesuruh, adalah robot pembantu.
v  Mobil robot
Mobil robot seperti BOSS dan STANLEY menawarkan harapan, seperti membuat berkendara lebih aman, tetapi mereka juga akan membebaskan kita dari kebutuhan untuk memperhatikan jalan selama perjalanan kita sehari-hari.
v  Kesehatan
Robot telah menjadi alat yang sangat diperlukan dalam berbagai prosedur bedah, seperti penggantian pinggul, berkat presisi tinggi.
v  Lingkungan yang Berbahaya.
Robot telah membantu orang dalam membersihkan limbah nuklir, terutama di Chernobyl dan Three Mile Island. Robot hadir setelah runtuhnya World Trade Center, di mana mereka memasuki struktur dianggap terlalu berbahaya untuk pencarian dan penyelamatan awak manusia.
v  Eksplorasi.
Robot telah pergi di mana tidak ada yang telah terjadi sebelumnya, termasuk permukaan Mars. Robot juga membantu mengeksplorasi bawah laut. Mereka secara rutin digunakan untuk memperoleh peta kapal tenggelam.
v  Hiburan.
Permainan kompetitif sangat banyak seperti soc-ROBOT SOCCER cer manusia, tetapi bermain dengan robot mobile otonom.
v  Augmentasi manusia.
Para peneliti telah mengembangkan mesin berjalan kaki yang dapat membawa orang di sekitar, sangat banyak seperti kursi roda. Beberapa upaya penelitian saat ini fokus pada pengembangan alat yang membuat orang mudah dalam berjalan atau menggerakkan tangan dengan menyediakan pasukan tambahan melalui lampiran extraskeletal.
KESIMPULAN
            Artificial intelligence atau kecerdasan buatan sudah sangat dikenal oleh masyarakat dunia dan sangat membantu pekerjaan dalam bidang apapun. Karena kecerdasan buatan adalah bidang ilmu yang mempelajari tentang pembuatan mesin yang memiliki sifat atau dapat mengerjakan pekerjaan sebaik manusia. Kecerdasaan buatan memiliki banyak kelebihan diantaranya bersifat konsisten dan lebih murah. Maka dari itu Negara maju dan berkembang seperti Jepang telah mengaplikasikan atau menggunakan kecerdasan buatan dalam kehidupan sehari – hari untuk membantu pekerjaan manusia yaitu berupa robot. Robot terdiri dari beberapa macam sesuai dengan fungsi yang ingin digunakan. Model – model robot yang sudah ada adalah berupa mobil atau angkutan, mesin dipabrik berupa tangan, dan kesehatan berupa alat bedah. Semoga makin berkembanganya kecerdasaan buatan semua Negara dapat memanfaatkannya dengan baik dan tidak merugikan dalam hal apapun.

0 komentar:

Posting Komentar