STORYBOARD IKLAN LAYANAN MASYARAKAT




SEKILAS TENTANG STORYBOARD
Storyboard adalah sketsa gambar yang disusun secara berurutan untuk menyampaikan ide cerita kepada orang lain agar lebih mudah dipahami, karena dengan storyboard kita dapat menggiring khayalan seseorang mengikuti gambar-gambar yang tersaji, sehingga menghasilkan persepsi yang sama pada ide cerita yang disampaikan. Storyboard juga berguna untuk membantu menyusun scene yang berbeda-beda menjadi sesuai dengan skenario dengan lebih mudah dan cepat.

Adapun Fungsi lain dari storyboard, diantaranya:
  1. Storyboard dibuat sebelum proses pembuatan animasi. 
  2. Storyboard digunakan untuk mengingatkan jalan cerita yang akan dibuat oleh animator. 
  3. Storyboard dibuat untuk memudahkan membaca cerita.


“AKIBAT MEMBUANG SAMPAH SEMBARANGAN”


Pada tugas Pengantar Animasi dan Desain Grafis ini kami ditugaskan untuk membuat sketsa gambar kartun atau yang lebih dikenal dengan storyboard dari tema iklan layanan masyarakat. Tema yang ingin kami sampaikan melalui storyboard dalam iklan layanan masyarakat adalah “Akibat Membuang Sampah Sembarangan”. Iklan ini ditujukan agar setiap masyarakat disemua golongan umur baik yang muda maupun yang tua, dapat memahami dampak dari pembuangan sampah secara sembarangan. Walaupun dampak yang ditimbulkan tidak secara langsung terjadi, tetapi dimasa yang akan mendatang bila tidak diubah pola kebiasaan buruk membuang sampah maka akan menimbulkan Banjir.

Berikut ini adalah gambaran storyboard Iklan Layanan Masyarakat “Akibat Membuang Sampah Sembarangan”


PENJELASAN
  • Gambar 1: Siswa-siswi Sekolah Dasar Negri 05 Pagi mulai memasuki sekolah, pelajaran akan segera dimulai dan gerbang sekolah akan ditutup. 
  • Gambar 2: Siswa-siswi mendapat pelajaran tentang Akibat Membuang Sampah Sembarangan. Dimana dijelaskan oleh Pak Guru bahwa salah satu akibat membuang sampah sembarangan adalah Banjir. 
  • Gambar 3: Bel istirahat berbunyi. Siswa-siswi menuju kantin untuk membeli makanan. Sesampainya dikantin, Rachel bertanya kepada seorang temannya yang paling pandai dikelasnya. Mulai saat itu Rachel pun menerapkan untuk tidak membuang sampah sembarangan. 


·   PENJELASAN
  •    Gambar 4: Waktunya pulang pun tiba. Saat sedang menunggu Bus Sekolah, Rachel melihat seorang temannya yang membuang sampah makanannya sembarang. Tidak tinggal diam Rachel pun langsung menegur temannya. 
  •     Gambar 5: Karena menggunakan headset, temannya tidak menghiraukan teguran Rachel. Berhubung Rachel dan temannya turun pada satu tujuan akhir yang sama, maka Rachel kembali mengingatkan temannya yang membuang sampah sembarangan dengan tegas
  •    Gambar 6: Lain halnya dengan Niko yang turun agak sedikit jauh dari teman-temannya. Sesampainya ditempat yang diturunkan oleh Bus jemputan, Niko menegur dengan sopan bapak yang hendak membuang sampah sembarangan dikarenakan pembuangan tersebut dekat dengan pemukiman penduduk.
  

PENJELASAN
  • Gambar 7: Teman Rachel yang membuang sampah sembarangan adalah Rudi. Rudi yang memiliki kebiasaan buruk membuang sampah sembarangan tidak sadar akan dampak yang akan terjadi. Padahal tempat tinggal Rudi tidak jauh dari kali.
  • Gambar 8: Seorang bapak yang ditegur Niko saat dijalan ternyata adalah Ayah Rudi, seperti pepatah mengatakan bahwa buah jatuh tidak jauh dari pohonnya, begitupula dengan Rudi dan Ayahnya. Saat hujan turun semakin deras, Rudi dan Ayahnya kaget karena jembatan didepan rumah Rudi sudah tertutup oleh air beserta sampah yang mengalir.
  • Gambar 9: Keesokan harinya, Air kali semakin meninggi dan mulai masuk kedalam pemukiman warga, termasuk tempat tinggal Rudi. Akibat kebiasaan buruk yang dilakukan keluarga Rudi, Akhirnya mereka menyesal dan berjanji untuk tidak membuang sampah sembarangan serta menjaga lingkungan sekitarnya. 
Storyboard lengkap “Akibat Membuang Sampah Sembarangan”


PESAN MORAL
Mulailah mengubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik seperti menjaga lingkungan sekitarmu. Dengan tidak membuang sampah sembarangan serta menjaga kesehatan lingkungan yang nantinya akan berdampak positif dimasa yang akan datang, karena menjaga lingkungan itu lebih indah daripada mencemarkannya.

Daftar Nama Kelompok:

  1. Aulia Rosiana              (11114835) 
  2. Fatya Nuraini              (14114058)
  3. Halimah                       (14114710) 
  4. Tamariska Hariara       (1A114648)      

Komentar