Pengalaman Bertanya



Apa yang harus kita lakukan jika tidak tahu sesuatu, tentunya kita akan bertanya pada yang lebih tahu bukan? Bertanya bukan lah hal yang memalukan atau membuat kita terlihat bodoh, dari pada dipenuhi tanda Tanya dalam kepala kita lebih baik kita bertanya, jika kita tidak mau menanyakan sesuatu yang kita tidak ketahui bisa saja kita berada pada kesalahan atau tersesat.

Ujian tengah semester akan segera berlangsung, seluruh mahasiswa mempersiapkan segalanya untuk menempuh ujian tak terkecuali saya. Persiapan yang dilakukan berupa menjaga kesehatan, mempersiapkan alat tulis dan belajar. Saya mempelajari kisi-kisi yang diberikan oleh dosen setiap mata kuliah dan juga mencoba latihan soal. Saat sedang mengerjakan soal pemrograman saya mengalami kesulitan menjawab beberapa soal, akhirnya saya lewati dan tandai agar bisa bertanya pada teman atau dosen. Keesokan harinya saat tiba dikelas saya menghampiri teman yang sedang membahas soal bersama yang lainnya. Saya pun bertanya kepada teman soal yang belum saya kerjakan karena sulit, lalu teman saya mengajarkan saya hingga saya mengerti, ia pun bertanya soal yang belum ia kerjakan kepada saya dan saya ajarkan hingga ia mengerti.

Seluruh mahasiswa menjalankan ujian dengan tertib dan tenang. Setelah keluar dari ruang ujian saya menghampiri teman saya dan mengucapkan terimakasih, ia juga berterimakasih kepada saya, soal yang saya tanyakan kepadanya dan soal yang ia tanyakan kepada saya keluar saat ujian dan kami bisa menjawabnya karena sudah diajarkan. Jadi, bertanya bukanlah sesuatu yang memalukan, jika saat itu saya tidak bertanya pada teman saya mungkin saat ujian saya tidak bisa menjawab soal tersebut dan mendapatkan nilai yang kurang memuaskan.

Pengalaman lainnya tentang bertanya adalah saat saya ingin mencetak data nilai semester (DNS)  untuk keperluan kelengkapan berkas dan administrasi. Karena sebelumnya saya belum pernah mencetak DNS jadi saya bingung harus kemana, saya pun bertanya pada dosen saya lalu ia  menyarankan agar saya bertanya ke BAAK (Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan) karena disana yang menangani segala sesuatu yang berkaitan dengan penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar dan administrasi akademik bagi seluruh mahasiswa di kampus saya termasuk pencetakan DNS. karena hari itu loket BAAK tutup saya pun memutuskan untuk bertanya esok hari. Besoknya setelah selesai mengikuti kelas saya segera menuju loket BAAK, saya lihat dari kejauhan hari ini loket buka, setibanya disana dengan senyum ramah saya menanyakan bagaimana saya bisa mencetak DNS, agar tidak lupa dan bertanya dua kali saya mencatat berkas apa saja yang harus disiapkan. Saya juga bertanya jika kita sedang tidak ada jadwal kuliah atau kita sakit dan ada pertanyaan yang harus segera ditanyakan saat itu juga apakah ada nomor telepon yang dapat dihubungi atau sebagainya, ternyata BAAK memiliki website dan kita dapat bertanya berbagai informasi atau berinteraksi melalui website tersebut. Jadi, saat kita tidak dapat hadir langsung kita dapat membuka websitenya dan memilih menu online atau interaksi di web tersebut.

Teknologi yang semakin canggih harus kita gunakan sebaik dan semaksimal mungkin, jika kita sedang sibuk dan ingin menanyakan suatu hal atau mencari sebuah informasi kita tidak perlu pusing-pusing lagi, karena kita dapat bertanya dan mencari informasi secara online melalui media-media sosial atau website-website yang tersedia. Sama seperti Bank BNI yang  meluncurkan fitur terbaru pada akun twitternya @BNI46 yaitu #AskBNI, #AskBNI bertujuan untuk mempermudah para nasabah BNI yang ingin bertanya dan menumbuhkan kesadaran agar tidak malu untuk bertanya tentang apapun, dimanapun dan kapanpun. Mau Bertanya Nggak Sesat Dijalan #AskBNI.

Komentar

  1. Wah tulisan yang baik, dan mengajarkan kita semua untuk tidak malu bertanya. Boleh lah mampir ke blog aku hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih dantii... Oke nanti aku mampir ya :)

      Hapus
  2. penggunaan kata yang menurut saya sudah bagus, tetapi harus lebih ditingkatkan lagi kedepannya. sukses terus!:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sofyan :)) . sukses jugaaa yaaa ;)

      Hapus
  3. Balasan
    1. Terimakasih sayang :) maaf ya baru balas hehe

      Hapus
  4. Persuasif, punchlinenya dapet, hebat!!!
    Pemilihan katanya rapi tp masih bisa ditingkatkan lagi, sukses auuul!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasiiihh widtrooppp :) sukses juga yaa .
      Bisa kali pengalaman liburannya di posting ke blog hehe
      Maaf ya baru bales

      Hapus
  5. Wah tulisannya bermanfaat. Makasih yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama sama aidha. Makasih juga udah mau bacaa :v

      Hapus
  6. Wah tulisannya bermanfaat. Makasih yaaa

    BalasHapus

Posting Komentar