Selasa, 09 Februari 2016

Bros kupu-kupu dari kain flanel

Kreativitas adalah suatu kegiatan membuat sesuatu yang menarik, unik dan bermanfaat. Jika kalian senang berkreasi mungkin kalian adalah orang yang pernuh dengan kreativitas. Pada tulisan saya kali ini, saya akan membuat suatu kreativitas dari kain flanel.


Kain flanel sangat mudah ditemukan dan harganya pun terjangkau. kain flanel memang banyak digunakan untuk membuat berbagai kreativitas seperti, boneka, bantal dan lain-lain. Menurut saya semua orang bisa berkreasi dengan kain flanel ini.

Jadi, sebenarnya apa yang akan saya buat? Saya akan membuat bross-bross yang lucu dari kain flanel. Kenapa harus bross? Karena untuk saya yang mengenakan kerudung/jilbab/hijab itu sangat lah bermanfaat dan jika kita dapat membuat bross sendiri kita bisa menyesuaikan bentuk-bentuk bross yang lucu dengan pakaian atau kerudung/jilbab/hijab yang akan kita kenakan.

Langsung saja kita mulai cara membuat bross dari kain flanel.

Alat & bahan yang kita butuhkan : 

 Kain flanel (warna sesuai selera atau sesuai dengan bentuk yang ingin di buat).Saya menggunakan kain flanel berwarna biru & merah.


kain flanel

      Manik-manik berwarna hitam untuk mata & peniti bross.
 
peniti bros & manik-manik hitam

  Lem bakar untuk merekatkan, gunting untuk menggunting kain flanel, benang berwarna biru tua dan jarum untuk menjahit mata, pulpen dan penggaris untuk membuat pola.
gunting, benang & jarum, bolpoin, penggaris


Cara membuat bross dari kain flanel :
Bross yang akan saya buat adalah bross kupu-kupu. Disini saya menggunakan flanel berwarna biru tua dan merah. buat dua pola dengan ukuran 20cm x 1 cm dan dua pola ukuran 15cm x 1 cm  pada flanel merah, buat juga empat pola dengan ukuran 20cm x 1 cm dan dua pola ukuran 15cm x 1cm pada flanel biru tua.


Tumpuk flanel merah dan biru tua yang berukuran 20cm x 1cm lalu gulung ujung flanel sampai ke ujung flanel hingga berbentuk lingkaran. Lakukan hal yang sama pada pola flanel yang lainnya, jika sudah membentuk empat lingkaran dengan dua warna maka tersisa dua pola flanel biru tua, gulung masing-masing flanel. Empat lingkaran tadi sebagai sayap kupu-kupu dan dua lingkaran berwarna biru sebagai badan kupu-kupu.
Rekatkan masing-masing lingkaran dengan menggunakan lem bakar, jangan terlalu banyak menggunakan lem bakar agar tidak berantakan. Jika sudah direkatkan sekarang kita pasang matanya menggunakan manik-manik berwarna hitam, siapkan jarum dan benang untuk menjahit matanya, usahakan agar benang tidak terlihat.



Rapihkan dan bersihkan bross yang hampir jadi dari bekas-bekas lembakar dan benang-benang. Jika sudah rapih pasang peniti bross menggunakan lem bakar kemudian bersihkan kembali.

Dan jadilah bross kupu-kupu yang lucu dan menarik untuk dikenakan. Adik perempuan saya sangat senang dan menyukai bross ini, akhirnya saya memberikan bross ini untuknya.
adik saya memakai bros buatan saya

Terimakasih untuk teman-teman yang sudah membaca, semoga tulisan ini bermanfaat untuk teman-teman semua. Mohon maaf jika step by step pembuatan brossnya masih kurang dan kualitas gambar yang masih kurang juga J jangan lupa untuk like, comment dan baca tulisan-tulisan saya yang lainnya juga. 

0 komentar:

Posting Komentar