Strategi Pengambilan Keputusan dalam Organisasi



Produksi pangan secara nasional mengalami persoalan sama, yaitu kapasitas produksi yang rendah, baik didalam lingkup nasional maupun individu petani. Ketidak mampuan mempertahankan dan memperluas lahan baku dan skala usaha produksi pangan menjadikan harga bahan pangan terus melambung dan semakin memberatkan konsumen.
Menurut Ketua Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Penggilingan Padi dan Perusahaan Beras Indonesia (Perpadi) wilayah DKI Jakarta Nellys Sorkidi Karena skala usaha tani terus menurun, solusi peningkatan kesejahteraan petani adalah insenif harga.
Peningkatan skala usaha tani padi sangat diperlukan agar biaya prouksi padi per kilogram menjadi lebih murah. Dengan skala usaha yang meningkat, petani bisa Menerima pendapatan lebih tinggi sehingga bisa lebih sejahtera.
Direktur Jendral Prasarana dan Sarana Pertanian Kementrian Pertanian Gatot Irianto mengatakan, kenyataan lahan baku pertanian Indonesia terus menyusut.
Ekstensifikasi pertanian sangat penting dan mendesak di lakukan. Saat ini lahan baku pangan Indonesia hanya 7,5 juta hektar untuk penyediaan pangan bagi 250 juta penduduk Indonesia.
Para petani mulai menanam padi di Desa Tobat, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang Banten. Target luas tanam pagi periode Oktober 2015-Maret 2016 atau musim hujan mencapai 9 juta hektar. Target ini lebih tinggi daripada periode yang sama tahun sebelumnya, yakni seluas 8,5 juta hektar.
KOMPAS, SABTU, 19 DESEMBER 2015.
            Mari kita analisis kasus di atas, pengambilan keputusan seperti apa yang dilakukan.
Berdasarkan tipe persoalan kasus ini menggunakan keputusan eksternal jangka panjang, yaitu keputusan yang berkaitan dengan semua persoalan dengan lingkungan dalam rentang waktu yang relative panjang.
Berdasarkan lingkungannya kasus ini menggunakan pengambilan keputusan dalam kondisi resiko, adalah pengambilan keputusan dimana berlangsung hal-hal :
-          Mengandung lebih dari satu kemungkinan
-          Memiliki lebih dari satu alternative tindakan
-          Diasumsikan bahwa pengambilan keputusan mengetahui peluang yang akan terjadi terhadap berbagai tindakan dan hasil.


Sumber:
Kompas , Sabtu, 19 Desember 2015. Halaman 18
http://dhino-ambargo.blogspot.co.id/2013/05/pengambilan-keputusan-dalam-organisasi.html

Komentar