Minggu, 16 April 2017

SOFTWARE ANIMASI

    1. EASY GIF ANIMATOR
    Pengertian, fungsi dan manfaat Easy GIF Animator
    Easy GIF Animator 5 pro adalah software kuat namun sangat mudah untuk membuat dan mengedit gambar GIF animasi. Dengan animasi GIF editor sobat dapat dengan mudah membuat gambar animasi, banner dan tombol dalam waktu singkat. Sobat dapat menggunakan fitur-fitur khusus untuk menambahkan efek visual yang menakjubkan dan mempersiapkannya untuk dipublikasikan pada halaman web sobat. Easy GIF Animator 5 pro mendukung semua jenis animasi GIF dan menyediakan kompresi tinggi dan kualitas yang hebat untuk gambar GIF animasi. Untuk melengkapi semua ini, Easy GIF Animator 5 pro adalah yang terbaik sebagai animasi GIF editor saat ini.
    Easy Gif Animator Pro Full merupakan aplikasi yang akan membantu anda untuk membuat sebuah animasi dengan format gif dalam berbagai bentuk. Software yang satu ini memiliki fitur yang sangat lengkap untuk pembuatan animasi Gif dan juga memiliki tampilan antarmuka program yang sederhana sehingga sangat mudah dipahami bahkan oleh pemula sekalipun. Anda dapat membuat berbagai macam animasi dengan menggunakan program Easy Gif Animator Pro Full ini seperti animasi text, banner, animasi flash, dan juga animasi gambar.
    Selain digunakan untuk membuat animasi dalam format GIF, Easy Gif Animator Pro Full ini juga dapat anda gunakan untuk mengedit file gambar GIF yang sudah ada. Anda juga dapat menambahkan berbagai macam efek ke dalam animasi GIF yang anda buat nantinya seperti menambahkan musik atau efek suara lainnya agar animasi yang anda buat nampak lebih hidup. Jadi tunggu apalagi, segera anda download dan instal Easy Gif Animator Pro Full ini ke komputer anda.




Fitur-fitur dan Spesifikasi Easy GIF Animator :
ü  GUI yang menarik dan mudah
ü  Hasil animasi dengan ukuran yang kecil
ü  Editor yang mudah dan lengkap
ü  Support sistem 32 bit dan 64 bit
Easy GIF Animator Tools yg Powerfull mudah di gunakan, software meciptakan dan mengedit gambar animasi GIF. Dengan animasi GIF editor Anda dapat dengan mudah membuat animasi gambar, spanduk dan tombol dalam waktu singkat. Anda dapat menggunakan fitur khusus untuk menambahkan efek visual yang menakjubkan dan mempersiapkan untuk anda pembuatan animasi pada halaman web Anda. Easy GIF Animator mendukung semua jenis animasi GIF dan menyediakan kompresi tinggi dan kualitas yang hebat untuk Anda gambar animasi GIF. Untuk atas semua ini, Easy GIF Animator adalah yang terbaik dengan harga animasi GIF editor di pasaran saat ini.
Dengan Easy GIF Animator Dapat Anda:
ü  Mudah membuat banner animasi, gambar dan tombol
ü  Membuat gambar animasi GIF dari awal
ü  Edit dan memodifikasi gambar animasi GIF
ü  Tambah efek visual untuk animasi GIF Anda
ü  Membuat efek teks bergerak
ü  Optimalkan gambar animasi GIF
ü  Gambar animasi GIF di web browser
ü  Animasi seluruh Resize sekaligus
ü  Mengatur animasi frame
ü  Mengatur jumlah loop animasi dan durasi frame
ü  Ambil frame animasi terpisah
ü  Reverse GIF animasi atau sebagian darinya
ü  Mudah mengatur transparansi
ü  Tambah suara untuk animasi Anda
ü  Simpan animasi dalam format Flash SWF
ü  Cari di Web untuk menemukan gambar-gambar untuk digunakan dalam animasi Anda
ü  Ekspor animasi GIF ke AVI format
ü  Gunakan GIF, JPG, PNG dan BMP gambar dalam animasi Anda
ü  Hasilkan HTML code untuk penerbitan animasi di web

Features Easy Gif Animator Pro Full Version
§    Easy Design Flash animations, banners and images
§    Create GIF images fullscreen
§    Editing GIF images
§    Ability to build animated text
§    GIF images to optimize high-speed display
§    Preview in Browser
§    Ease of storage as a GIF
§    The possibility of adding music and sound Picture
§    Storage facilities with SWF file
§    Take advantage of photos on websites
§    To convert GIF to AVI
§    Compatible with GIF, PNG, JPG and BMP
§    HTML code is designed to produce images

§    Compatible with different versions of Windows

    1. ALLIGATOR FLASH DESIGNER
    Pengertian, fungsi dan manfaat Alligator Flash Designer
    Alligator Flash Designer bisa dikatakan sebagai interaktif animasi vektor. Software milik selteco ini bisa menghasilkan grafik animasi dengan gambar, bentuk dan teks menggunakan berbagai macam efek animasi seperti Fade, Zoom, Putar, Fly dan banyak lagi.
    Bila anda seorang web designer yang sudah mulai bosan membuat animasi secara manual dengan adobe flash, mungkin software ini layak menjadi pilihan. Kemudahan membuat animasi yang di berikan Aligator flash designer memang mengasyikan, khususnya bagi anda yang masih awam menggunakan adobe flash.
    Alligator Flash Designer adalah software animasi vektor berbasis snap. Menghasilkan grafik animasi kompleks dengan gambar, bentuk dan teks, menggunakan lebih dari 130 built-in efek animasi seperti Fade, Zoom, Putar, Fly dan banyak lagi. Ekspor Desainer Flash SWF file dalam format Macromedia Flash, dan kode HTML yang diperlukan untuk mengintegrasikan animasi dengan halaman Web Anda. Ini juga menawarkan perangkat pengeditan dasar untuk memodifikasi gambar apapun, mengubah ukurannya, menambahkan objek dll. dengan software ini kita lebih mudah untuk membuat animasi pada web dan banner.
    Dengan Selteco Alligator Flash Designer menjadikan web dan banner anda semakin cantik dan menarik sehingga pengunjung betah berlama-lama.
    Sudah beberapa bulan saya mencoba untuk membuat animasi banner, header dan flash website menggunakan software ini, ternyata memang sangat membantu untuk mempercepat proses pembuatan dibanding dengan menggunakan adobe flash. Software ini sudah support dengan format-format file seperti SWF, GIF, JPEG, dsb, sehingga sangat fleksibel jika ingin memadukan design dengan software-software lain seperti photoshop, flash, dreamweaver ataupun coreldraw. Selain itu kita bisa mendapatkan tutorial langsung pada situs selteco.

Berikut fungsi dan spesifikasi aligator flash designer :
ü  Create Flash websites, presentations, slide shows and banners
ü  Import photos, screenshots, cliparts and video files
ü  Add shapes, lines, curves, text, 3d effects and gradients
ü  Insert links, create buttons and clickable hotspots
ü  Play background music, voice-overs and click sounds
ü  Apply animation effects like zooms, flips and rotations
ü  Export SWF files and add them to your website
ü  Customize your Flash project with ActionScript language
ü  Add PHP files and call PHP code from flash animation.
ü  Windows 2000/XP/2003
Fitur Alligator Flash Designer :
·         Membuat tampilan slide, menu, banner, tombol, presentasi
·         Impor foto, screenshot, cliparts Flash dan animasi GIF
·         Menggambar bentuk, menambahkan teks, gradien dan bitmaps
·         Membuat hotspot dapat diklik di dalam Flash movie Anda
·         Sisipkan file video
·         Mainkan suara di latar belakang atau menetapkan mereka untuk berbagai aktivitas seperti klik
·         efek animasi Terapkan untuk setiap objek
·         Ekspor file Macromedia Flash (SWF) dan menambahkannya ke situs web Anda
Gunakan ActionScript 2.0 untuk menangani event Anda sendiri

  1. SWISHMAX
Pengertian, fungsi dan manfaat SwishMax
SWISHmax merupakan program pembuat animasi untuk menghasilkan animasi Flash tanpa menggunakan Adobe Flash™. SWISHmax sangat mudah dipelajari dan dapat membuat animasi dengan teks, gambar, grafik dan suara dalam waktu singkat. SWISHmax memiliki 230 efek siap pakai seperti Explode, Vortex, Snakes dan lain-lain.
SWISHmax memiliki tools untuk menggambar garis, rectangels, elips, kurva acak, motion path, sprites, tombol dan form masukan dengan cara yang lebih mudah. Tentu saja kemudahan itu akan mengurangi fungsi bagi para pengguna yang ingin berkreasi lebih dengan menggunakan ekstensi flash. Flash yang dihasilkan oleh swishmax secara kualitas tidak kalah dengan yang dihasilkan oleh Macromedia Flash MX atau Adobe Flash.m
Swishmax sangat cocok  untuk para pemula yang ingin mempelajari Flash, program SwishMax sudah lebih dari cukup untuk membuat berbagai animasi flash apalagi kelengkapan fitur pada SwishMax semakin ditambah. Kelebihan lainnya, bila sudah mahir menggunakan SwishMax, maka bila ingin beralih belajar Macromedia Flash MX atau Adobe Flash akan lebih mudah karena sudah memiliki dasar konsep pada SwishMax.
Swishmax juga dapat dijadikan alternatif selain menggunakan flash yang telah banyak digunakan. Sebelum swishmax dikembangkan software flash lebih dahulu tenar di kalangan desain grafis. Namun setelah software ini dikeluarkan para animator lebih memilih menggunakan software swishmax dari pada macromedia flash karena penggunaan script animasinya lebih mudah dipergunakan dan lebih efektif. Dibanding dengan software lain, swishmax menyediakan banyak desain button, sehingga memudahkan animator untuk mendesain. Selain itu software swishmax mempunyai kelebihan disbanding software animasi flash terdahulu, yaitu diantaranya swish max relatif  lebih mudah digunakan dibandingkan dengan Macromedia Flash dan dengan hasil relatif sama, swishmax sudah dilengkapi dengan berbagai animasi yang menarik dan mudah dalam penggunaanya, swishmax juga mampu menangani link antar objek maupun dokumen.

Pengembangan swishmax sebagai salah satu media penyampai pesan kepada anak adalah sebuah gagasan yang dapat meningkatkan kreatifitas guru dalam menyampaikan materi terhadap anak. Pada kenyataannya, selama ini banyak guru yang masih terus selalu menggunakan metode ceramah yang klasikal dalam penyampaian materi. Padahal materi bisa disampaikan melewati beberapa media yang salah satunya adalah swishmax ini. Jika mendengarkan ceramah yang diberikan oleh guru, siswa hanya akan membayangkan dengan interpretasi yang berbeda-beda setiap anak, karena tidak ada gambaran yang jelas mengenai penjelasan yang diberikan atau tidak ada visualisasi yang jelas sehingga anak susah membayangkan mendekati kenyataan.


Spesifikasi Hardware
Program SwishMax membutuhkan beberapa klasifikasi hardware untuk dapat berjalan dengan baik. Syarat minimun hardware yang harus dipenuhi adalah :
-          Windows 95/98/NT4/2000/XP
-          Pentium P2
-          64Mb RAM
-          Monitor 800x600 pixel dengan 256 warna

Antarmuka SwishMax
SwishMax memiliki tampilan antarmuka/ruang kerja yang cukup bagus, yang terdiri dari beberapa komponen, yaitu :
·         Main menu
·         Tollbox
·         Tollbar-toolbar termasuk toolbar Standar, insert, dan control
·         Panel-panel termasuk panel Timeline, Outline, Layout, dan Text
·         Status Bar
Setiap komponen tersebut diatas masing-masing memiliki berbagai macam fungsi dan fasilitas yang mendukung dalam pembuatan animasi Flash. Gambar berikut menampilkan masing-masing komponen yang telah disebutkan diatas .
Main Menu merupakan menu utama dari SwishMax, karena didalmnya terdapat menu-menu yang akan sering kita gunakan. Main menu terletak dibagian paling atas dari window SwishMax. Menu-menu ini juga dapat diakses melalui tollbar-toolbar yang ada.
Menu-menu yang terdapat pada main menu adalah menu file memiliki beberapa submenu, diantaranya :
ü  New (Ctrl+N) : digunakan untuk membuat movie baru
ü  Open (Ctrl+O) : digunakan untuk membuka file .swi (movie Swishmax) atau file-file format lain tapi masih didukung oleh SwishMax.
ü  Save (Ctrl+S) : digunakan untuk menyimpan movie yang sedang aktif
ü  Save As : digunakan untuk menyimpan movie yang aktif dengan nama baru
ü  Export : digunakan untuk mengexpor movie SwishMax menjadi file .swf, movie(.avi), file .html dan file execute (.exe).
Selain submenu diatas masih banyak ada menu-menu lainnya yang dapat dipelajari dan dicoba
sendiri.


KESIMPULAN

Kesimpulan dari ketiga software animasi diatas adalah software-software tersebut sama-sama memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing tergantung dengan kegunaannya, namun kurang lebih software animasi ini digunakan untuk pembuatan design halaman website maupun banner. Dari ketiga software tersebut, mereka mengklaim bahwa lebih baik dibandingkan dengan software terdahulunya adobe flash maupun macromedia flash. Untuk kebutuhan saya sendiri atau pilihan saya, saya akan memilih ketiganya sesuai dengan apa yang akan saya buat, namun mungkin untuk waktu dekat ini saya akan memilih dan menggunakan software Alligator Flash Designer. 


SUMBER :


0 komentar:

Posting Komentar