Jumat, 24 Oktober 2014

Kegiatan social yang terjadi di lingkungan rumah

Kegiatan social merupakan kegiatan ineraksi antara satu dengan lainnya , kegiatan social sangat membantu bagi manusia untuk keberlangsungan hidupnya. Jika seseorang tidak pernah atau tidak mau melakukan kegiatan social maka dia dikatakan makhluk individual dan mungkin dia akan mengalami kesulitan dalam menjalankan kehidupannya karena tidak pernah berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.
Keluarga merupakan kelompok primer yang paling penting dalam masyarakat. Keluarga dibedakan menjadi dua yaitu, keluarga besar dan keluarga inti. Keluarga besar terdiri dari nenek, kakek, paman , bibi, saudara sepupu, ayah, ibu, kakak dan adik. Sedangkan keluarga inti hanya terdiri dari ayah, ibu, dan anak. Banyak sekali kegiatan social yang terjadi di lingkungan keluarga. Selain dengan keluarga bahkan kegiatan social juga terjadi dengan tetangga atau lingkungan rumah kita.
Kegiatan social yang terjadi dilingkungan rumah merupakan kegiatan yang sehari hari kita temui atau lakukan, kenapa? Karena seperti yang dijelaskan sebelumnya keluarga adalah kelompok primer. Jika dalam suatu keluarga tidak pernah atau tidak ada kegiatan social maka antara orang tua dan anak tidak akan terjadi hubungan yang baik dan harmonis. Orang tua tidak pernah tau pergaulan anaknya diluar rumah, anak tidak pernah mendapatkan perhatian dan pengarahan yang baik dari orang tuanya, jika hal tersebut terjadi banyak hal-hal buruk yang akan terjadi, anak akan membantah orang tua, anak akan mencari perhatian dengan caranya sendiri, pergaulan bebas tanpa pengawasan, tidak ada sopan santun, pertengkarn di dalam rumah dan masih banyak lagi. Selain dengan keluarga kegiatan social juga terjadi dengan tetangga karena tetangga adalah lingkungan yang ada sekitar rumah kita, apa saja sih kegiatan social yang terjadi dengan tetangga? Banyak kegitan social yang terjadi dengan tetangga, menyapa tetangga pun sudah termasuk kegiatan social. Jika dengan tetangga tidak terjadi kegiatan social maka dapat terjadi kesalah pahaman, contohnya jika kita sedang membangun atau memperbaiki rumah dan menimbulkan suara berisik dan membuat lingkungan sekitar menjadi kotor dan mengganggu kenyamanan jika sebelumnya kita tidak permisi terlebih dahulu bisa saja tetangga kita membicarakan kita dibelakang dan menimbulkan gossip, atau jika kita tidak pernah menyapa tetangga kita bahkan kita sampai tidak tau namanya jumlah keluarganya dan statusnya disaat kita sedang kesulitan dan  sendiri didalam rumah kepada siapa kita akan meminta tolong kalau bukan ke orang terdekat yaitu tetangga. Maka dari itu kegiatan social dilingkungan rumah itu sangat penting, membeli sayur ke tukang sayur keliling, membeli gula di warung dekat rumah, bermain ditaman dekat rumah semua itu merupakan kegiatan social.
Saya akan menceritakan dan menjelaskan kegiatan social yang terjadi di lingkungan rumah saya. Pagi hari setelah bangun tidur, mandi, dan sarapan saya dan keluarga biasa berbincang sebelum melakukan aktifitas masing-masing, seperti saya yang meminta izin pulang telat karena ada kerja kelompok dan ayah saya yang memberitahukan bahwa dia akan pulang telat karena akan bermain futsal dengan teman-temannya, lalu ibu saya berbelanja sayur di tukang sayur dan bertemu dengan ibu-ibu lain yang juga membeli sayur, kemudian saya mengantar adik saya berangkat kesekolah. Selain itu saya biasa berbincang dengan tetangga saya sebelum saya berangkat kuliah itu pun jika tetangga saya sedang ada didepan rumahnya, seperti tersenyum kepada tetangga saya lalu menanyakan dia ingin pergi kemana atau apa yang sedang dia lakukan atau hanya sekedar pamit dan permisi.
Kegiatan yang saya lakukan tersebut merupakan kegiatan social, karena terjadi interaksi antara individu satu dengan individu lainnya. Seperti saya dengan keluarga saya, ibu saya dengan si penjual sayur dan ibu-ibu yang lainnya, lalu saya dengan tetangga saya, adik saya dengan teman-teman bermainnya, saya dengan penjual jamu dan pedagang makanan keliling lainnya, keluarga saya dengan warga setempat saat acara 17 agustus , kerja bakti , sholat idul adha , sholat idul fitri , sholat taraweh , saat tetangga sakit kami menjenguk , saat ada yang terkena musibah kami menolong dan masih banyak lagi . Sebenarnya masih banyak lagi kegiatan social yang terjadi dilingkungan rumah saya, adik saya yang bermain dengan teman-teman dilingkungan rumah mereka juga melakukan kegiatan social karena saling berinteraksi mereka bermain bola , lari-larian , tertawa , mengobrol, dsb.
  
Ini adik saya dan temannya bermain bola di sore hari ^.^





0 komentar:

Posting Komentar